berita

PENGEMBANGAN SISTEM AQUAPONIK DI RW 08 KELURAHAN BANDULAN OLEH KKN KELOMPOK 3 UNIVERSITAS MERDEKA MALANG

RT. 04 RW. 08 Kelurahan Bandulan

RW 08 Kelurahan Bandulan adalah salah satu kampung yang memiliki banyak lahan kosong dan dikenal sebagai kampung sayur. Selain itu di kampung ini sedang digiatkan program urban farming. Pada saat pertama kali Tim KKN Kelompok 3 Universitas Merdeka Malang datang di kampung ini, Tim KKN menemukan terdapat kolam terpal yang terbengkalai, dan tidak ada yang memanfaatkan kolam tersebut. Melihat kampung ini yang terkenal dengan kampung sayur, Tim KKN Kelompok 3 bekerjasama dengan Komunitas Karang Taruna serta warga setempat memutuskan untuk mengembangkan sistem aquaponik di kampung ini. Aquaponik adalah perpaduan budidaya ikan dan sayuran yang saling terhubung dan memberi manfaat satu sama lain. Selain itu aquaponik ini belum ada di RW 8. Kami melihat program tersebut dapat berpotensi meningkatkan ketahanan pangan dam menaikkan perekonomian serta kesejahteraan warga.

Dosen pembimbing Tim KKN , Andriyan  Rizki  Jatimko , S.Si,.M.Kom menjelaskan bahwa akuaponik merupakan penggabungan antara sistem budidaya akuakultur dan hidroponik. Pada sistem ini, hubungan antara budidaya ikan dan budidaya tanaman atau sayuran tanpa media tanah mampu menciptakan hubungan saling menguntungkan satu sama lain. “Karena tanaman bisa mendapatkan nutrisi dari kotoran ikan sekaligus mampu menciptakan kualitas air yang lebih baik,” ungkapnya.              Program ini dilakukan melalui dua tahap yaitu pembuatan aquaponik serta sosialisasi perawatan dan luaran produk aquaponik. Tahap pembuatan aquaponik ini dimulai sejak 24 Juli 2023. Kegiatan dimulai dengan pencarian lahan yang cocok untuk pelaksanaan program dan kemudahan dalam perawatan oleh komunitas serta warga setempat. Setelah lahan ditemukan Tim KKN memulai pembuatan aquaponik. Proses pembuatan hingga selesai fermentasi air memakan waktu kurang lebih 3 minggu. Selain itu tahap kedua adalah pelaksanaan sosialisasi. Sosialisasi diadakan pada 11 Agustus 2023. Pemateri merupakan Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang yaitu Bapak Ahmad Herlyasa Sosro, S.P., M.Si. Sosialisasi diikuti oleh komunitas Karang Taruna, ibu-ibu PKK dan warga setempat.

RT. 04 RW. 08 Kelurahan Bandulan

Sebagaimana diketahui, akuaponik merupakan sistem pertanian yang menggabungkan budidaya tanaman dengan budidaya ikan secara simultan dalam satu sistem terintegrasi. Melalui kolaborasi antara Tim KKN  UNMER  dengan warga Kelurahan Bandulan RW 8, program ini telah mengubah lanskap pertanian tradisional menjadi ekosistem modern yang produktif dan berkelanjutan. Dalam program ini, Tim KKN   berperan sebagai mentor dan pendorong. Mereka tidak hanya memberikan pengetahuan tentang teknik akuaponik kepada masyarakat, tetapi juga mendampingi dalam proses implementasi. Tim KKN 3 UNMER  berbagi pengetahuan tentang pemilihan ikan dan tanaman yang tepat, pengaturan lingkungan, serta perawatan harian yang diperlukan dalam menjaga keseimbangan sistem akuaponik.

Lapangan RW 08 Kelurahan Bandulan bersama Karang Taruna dan Ketua RW 08

Melihat antusiasme warga selama proses pembuatan aquaponik dan pelaksanaan pelatihan pengembagan system aquaponik, Wiki Dwi Ningrum (Ketua Tim KKN Kelompok 3) berharap program terebut dapat terus berkembang dan memebrikan banyak manfaat pada warga RW 08 Kelurahan Bandulan serta mampu meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. “Semoga budidaya akuaponik warga dapat berjalan agar dapat memenuhi kebutuhan dapur maupun untuk mendapatkan keuntungan dengan dijual ke pasaran,” pungkasnya penuh harap.