berita

Kegiatan Pelatihan Memasak Berbahan Dasar Ikan Dalam Rangka Pemenuhan Gizi Keluarga dan Pencegahan Stunting

Kegiatan Pelatihan Memasak Berbahan Dasar Ikan Dalam Rangka Pemenuhan Gizi Keluarga dan Pencegahan Stunting dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Agustus 2024. Kegiatan ini diadakan di Laboratorium SMK Kartika IV – 1 Kota Malang dan dimulai pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB.

Serta, kegiatan hari ini dihadiri oleh Ibu NIssa Hansaqati, S.Pd dari SMK Kartika IV – 1 selaku narasumber, Lurah Bandulan, Ketua TP PKK Kelurahan Bandulan, Pengurus TP PKK Kelurahan Bandulan, Ketua kelompok PKK RW. 01 s.d. RW. 08, Serta koordinator Kader Posyndu

Rangkaian Kegiatan
Kegiatan diawali dengan rangkaian Pembukaan, Lagu Indonesia Raya dan Do’a. Kegiatan dibuka oleh Lurah Bandulan;
Materi dan praktek disampaikan oleh Ibu Nissa Hansawati, S.Pd dari SMK Kartika IV-1 Kota Malang beserta Tim. Menu yang dipraktekkan : Nugget Lele, Rolade Lele dan Cake Lele.

Dalam sambutannya Lurah Bandulan Dian Sonyalia Caturrina, S.STP, M.AP menyampaikan bahwa stunting merupakan salah satu tantangan kesehatan yang sangat serius di negara kita. Stunting tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan fisik anak, tetapi juga perkembangan kognitif dan potensi mereka di masa depan. Oleh karena itu, semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa generasi penerus bangsa ini mendapatkan asupan gizi yang cukup dan berkualitas.

Ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat baik dan kaya akan omega-3, yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Namun, masih banyak keluarga yang belum memanfaatkan ikan sebagai bagian dari menu sehari-hari, baik karena kurangnya pengetahuan atau kebiasaan memasak. Dalam kegiatan ini jenis ikan yang dipilih adalah ikan lele dimana sebagaimana diketahui ikan lele memiliki kandungan gizi yang tinggi dan mudah diperoleh.

Pelatihan ini diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan memasak berbahan dasar ikan di kalangan masyarakat. Dengan harapan, setelah pelatihan ini, para peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga serta berkontribusi dalam pencegahan stunting.