berita

Kegiatan Pelatihan Membatik Teknik Shibori Bagi Penyandang Disabilitas Sebagai Upaya Mendorong Minat Wira Usaha dan Membangun Kemandirian

#NawakNgalam

Kegiatan Pelatihan Membatik Teknik Shibori Bagi Penyandang Disabilitas Sebagai Upaya Mendorong Minat Wira Usaha dan Membangun Kemandirian

Pelaksanaan
Hari/Tanggal : Jum’at, 23 Agustus 2024
Pukul : 08.30 WIB – 11.30 WIB
Tempat : Aula Kelurahan Bandulan

Hadir Dalam Kegiatan
1. Ibu Retno Deni Soelastiani (Retno Handycraft)
2. Lurah Bandulan
3. Ketua TP PKK Kelurahan
4. Kasi PM – Kasi Sarpras
5. Perangkat Kelurahan
6. Ketua FKD Kecamatan Sukun
7. Puskesos – Faskel
8. Kelompok Difabel

Rangkaian Kegiatan
Kegiatan diawali dengan rangkaian Pembukaan, Lagu Indonesia Raya dan Do’a. Kegiatan dibuka oleh Lurah Bandulan Dian Sonyalia Caturrina, S.STP, M.AP.

Materi dan praktek disampaikan oleh Ibu Retno Deni Soelastiani beserta tim pendamping dari Retno Handycraft.

Shibori, sebagai seni mengikat dan mewarnai kain yang berasal dari Jepang, memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi usaha yang kreatif dan berdaya saing. Melalui pelatihan ini, Kelurahan Bandulan berupaya untuk membuka peluang baru bagi saudara-saudara yang menyandang disabilitas, agar dapat meningkatkan keterampilan dan menumbuhkan minat dalam bidang usaha kreatif.

Dalam sambutannya Lurah Bandulan menyampaikan bahwa program ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan keterampilan teknis, tetapi juga untuk membangun rasa percaya diri dan kemandirian. Dengan keterampilan Shibori yang dipelajari, harapannya para peserta dapat memanfaatkannya untuk menciptakan produk-produk yang bernilai ekonomi dan mampu bersaing di pasar. Selain itu, melalui kegiatan ini, juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan saling dukung di antara para peserta, sehingga dapat terwujud komunitas yang solid, mandiri dan berdaya saing.

#pemerintahkotamalang
#pemkotmalang
#kelurahanbandulan